Skip to main content

Tes Magang Bakti BCA Desember 2017

Hallo.
Siang ini gue bakalan cerita pengalaman gue ikut tes Magang Bakti BCA tanggal 4 Desember 2017 di Wisma Asia 1 Slipi Jakarta Barat.

Awalnya gue apply di website karir BCA beberapa minggu sebelumnya, jujur gue itu daftar online di BCA udah kali ketiga tapi baru kepanggil kemarin ini. Pada saat apply gue bener-bener yakin bakalan dapet undangan tes, dan bener ternyata beberapa hari sebelum tes gue dapet email undangan dari BCA, rasanya seneng banget akhirnya bisa lolos juga tahap administrasi. 

Pagi yang gue tunggu tiba, gue prepare grooming semaksimal mungkin dong, secara kalau jadi calon pegawai Bank penampilan adalah hal utama. Gue pake kemeja putih, celana hitam, sepatu pantofel dan berdasi and off course rambut klimis tanpa ada jenggot dan kumis. Berangkat dari kost di jakarta utara jam 6 pagi sampe wisma asia jakarta barat jam 7 untungnya belum macet sih. Sampe disana udah banyak yang nunggu di basement buat dipanggil sama satpam, kita pun disuruh ke lantai 9 tempat test. Disana gue kenalan sama banyak orang yang basicnya macem-macem, SMA/SMK/D3/S1 dan pengalaman kerja juga beda-beda. Total peserta yang dapet undangan ada 140 orang tapi yang dateng sekitar 90 orang. Kita yang udah dateng disuruh buat lingkarin dan hapalin nomor urut di lembar daftar nama yang ditempel di dinding. Terus diabsen satu-persatu sesuai dengan nomor urut buat masuk ke Ruang Excellent buat transit, abis itu di absen lagi buat ke ruangan interview di ruang Integrity. 

Tahap 1. Interview
Ada 3 orang yang interview kita satu-satu, kita dipanggil berurutan sesuai absen untuk interview. Interview ini sebenernya gerbang penting kita buat masuk dan dilirik biar lancar ke tahap selanjutnya. So, dari mulai sikap, cara bicara, lalu menjawab pertanyaan pun harus baik dan dipersiapkan. Pertanyaan yang diajukan seputar diri sendiri, kelebihan, kelemahan, prestasi, pengalaman kerja, dengan waktu sekitar 3-5 menit/orang. Buat yang lolos interview bakalan dikasih lembar CV untuk diisi dan dipersilahkan menunggu di ruang excellent kembali. Dari 90 orang hanya sekitar 40 orang yang lolos. Alhamdulillah gue lolos. 

Tahap 2. Psikotes 1
Lolos Psikotes 1
Psikotes 1 dimulai jam 10.15 WIB , tau dong psikotes soalnya kaya apaan. Ada 4 tipe soal + 1 tes pauli saat itu. Soal tipe 1 hubungan kata, tipe 2 berhitung cerita, tipe 3 bangun ruang, dan tipe 4 sama/beda. Jujur gue ngerjain soal ini lancar gada beban kesulitan apapun, dengan waktu seadanya gue bisa jawab banyak juga, dan ajaibnya jawab soal ini pakai lembar LJK jadi lu kembali flashback ke masa-masa UN dimana bulatan hitam pekat sangat wajib tergambar. So buat kalian mending prepare pinsil 2 biji biar ga susah nyerut lagi. Gue kelupaan ada satu tes lagi namanya tes Alpha, tes ini listening, kita dapet 12 soal tapi soal tersebut dibacain sama panitia, kita tinggal milih jawaban. Kebetulan gue udah dikasih tau bakalan ada soal itu jadi saat tes, gue udah bisa jawab meskipun ada beberapa nomor yang salah. 
Tes pauli atau tes koran, kita dikasih selembar kertas gede ukuran A3, bolak balik isinya angka. Kita disuruh jumlahin angka secepat dan sebanyak mungkin, dan memperhatikan intruksi dari panitia. Gue saat itu berhasil selesai 1,5 halaman meskipun banyak coretan salah tp yakin aja sih sama jawaban kita. Yang namanya tes koran, kita perlu belajar rajin biar lancar ngitung tanpa pikir panjang, secara waktu berjalan cepat. Psikotes 1 selesai. 

Istirahat setelah psikotes kita dapet makan nasi kotak, Alhamdulillah .. kalau gak dapet bakalan laper dan susah cari makan kebawah. Karena jam setengah 2 hasil tes udah ada tuh ditempel di dinding. Gue buru-buru makan sama solat di lantai 6 bareng temen baru gue. Kelar solat langsung ke lantai 9 lagi buat liat hasil tahap 2, Alhamdulillah Lolos. Dari 40 orang yang lolos 16 orang, dan cowoknya cuma 2 orang gue sama Hizky, padahal awalnya banyak cowoknya. 






Tahap 3. Psikotes 2
Lolos Psikotes 2 lanjut MCU
Psikotes 2 gak begitu nguras otak sampe ngebul, karna cuma ada 2 tipe tes di tahap ini. Yang pertama tes wartegg, kita gambar di 8 kotak sesuai dengan kreatifitas dan seselesainya diurutin sesuai dengan yang kita sukai dari 1-8. Tipe tes 2 kita gambar manusia bebas mau laki-laki/perempuan. Meskipun gampang tapi kita harus tau apa yang kita gambar dan definisi dari gambar yang kita buat. Sambil ngerjain 2 soal itu kita dipanggil satu-satu ke depan untuk perform, semacam introduce ulang supaya panitia tau diri kita lebih lanjut. Saat perform, kita cuma disuruh nyebutin Nama, umur, domisili, pendidikan akhir, sama motivasi masuk BCA. Kalau gue boleh saran, kita jangan bangga-banggain BCA karena bakalan mengurangi nilai kita, cukup sebutkan "Saya ingin belajar industri perbankan, serta ingin bekerja di BCA" itu udah cukup buat kamu meyakinkan panitia. Satu hal lagi, cara bicara kita harus tegas jangan bertele-tele banyak e e e e, itu bkin panitia kurg suka ke kita. 
Kelar psikotes kita nunggu 15 menit, dan hasil keluar. ALhamdulillah lagi lolos ke tahap Medical Check Up. 16 Orang rontok jadi 10 orang. 

Calon Teller Perempuan

Tahap 4. Medical Check Up. 
MCU dilaksanain di hari yang beda, kebetulan gue jadwal tanggal 5 Desember kemarin. Tempat MCU di Klinik yang ada di Bellagio Mall kawasan Kuningan.. Yang dites tentunya Darah, Urine, Rontgen, Mata, TB/BB, Tensi, Kondisi umum oleh dokter. Hasilnya sekitar 1minggu-1 bulan untuk keputusan menuju perjanjian kontrak. Semoga lolos , AMin...

Itu cerita tentang pengalaman gue seleksi di Program Magang Bakti BCA 2017. 

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes Bank Artha Graha

Assalamualaikum... Wah udah lama gak ngetik cerita di laman kesayangan. Disini gue mau cerita beberapa minggu lalu ikut tes di Bank Artha Graha cabang Matraman. Gue emang lagi cari-cari kerja buat persiapan resign dari rumah sakit akhir-akhir ini, dan gue cuma bisa lamar-lamar kerja via online kirim email atau apply di jobstreet atau sejenisnya. Kebetulan gue siang itu lagi udah kelar kerjaan tuh, alhasil gue searching lowongan di jobstreet dan job yang gue cari adalah frontliner/teller dan customer service di Bank. Pas banget dong di beberapa bank swasta yang gue cari ada posisi-posisi yang gue mau, gue apply tuh via jobstreet CUSTOMER SERVICE (CS) PT.Bank Artha Graha International, Tbk dan ada beberap bank lainnya yang gue apply.  Jujur, gue sih sebenernya harap-harap cemas dengan lamaran itu, karena secara basic gue anak kesehatan dan kejomplang banget daftar di perbankan. Tapi gue PD aja sih daftar karena banyak kok jaman sekarang yang otaknya pada kebalik (somplak kali a

GOOD BYE BCA :(

Malem netijen setiaku... Udah lama banget gak posting blog semenjak sibuk di dunia kerja, rasanya bingung mau cerita dan posting tentang apaan. Sebenernya banyak draft yang udah gua susun di blog ini, tapi tak kunjung release, maafin ya :)  Kamis 31 Januari 2019 , dengan sangat berat hati gue  resign dari pekerjaan gue sebagai Teller Bakti di Bank BCA. Selama kurang lebih satu tahun gue kerja di dunia perbankan yang bener-bener 180 derajat berbeda sama basic gue sebenarnya yang merupakan lulusan kesehatan. Bergabung bersama sekitar 24 orang di KCP Mangga Besar Raya , honestly gue menemukan sekali kenyamanan bekerja, kesenangan batin, kebahagiaan yang sampai sekarang masih membekas kenangan kebersamaan bersama keluarga kedua itu. Awalnya gue iseng daftar BCA karena beberapa alasan di pekerjaan sebelumnya dimana gue gak bisa menemukan kenyamanan dan kebahagiaan kerja, ditambah niat hati hanya ingin jadikan BCA sebagai pengalaman dan batu loncatan untuk gue balik lagi ke Basic

Tes Magang Bakti BCA ( Perjanjian Kerja)

Siang semua, kali ini gue bakalan ceritain kelanjutan tes kerja gue di BCA  So setelah gue Medical Check UP tanggal 5 Desember lalu, gue butuh waktu satu minggu buat nunggu hasil dan informasi kelulusan tes MCU nya. Kebetulan gue MCU cuma bertiga dari 10 orang yang lolos di batch gue, 7 temen gue lainnya MCU di tanggal yang berbeda kare harus ngurus kelengkapan berkas dulu. Meskipun beda jadwal MCU, kita tetep keep contact via gorup Whatsapp buat saling kasih tau kabar kalau ada telfon dari pihak HRD BCA. Tanggal 12 Desember sore hari pas gue udah mau pulang kerja, temen di group ada yang udah dapet info kelulusan MCU, akhirnya gue langsung standby dong di depan HP dan menunda kepulangan gue sampe akhirnya gue dapet telfon juga dari HRD yang kasih info kelulusan gue, gue jujur sumpah seneng banget. Gue dikasih jadwal untuk perjanjian kerja/kontrak tanggal 21 Desember minggu depannya otomatis gue langsung bersedia dong dengan lantang gue jawab SIAP ! . Sebelum pak dicky (HRD) bacai