Skip to main content

GOOD BYE BCA :(

Malem netijen setiaku...

Udah lama banget gak posting blog semenjak sibuk di dunia kerja, rasanya bingung mau cerita dan posting tentang apaan. Sebenernya banyak draft yang udah gua susun di blog ini, tapi tak kunjung release, maafin ya :) 

Kamis 31 Januari 2019 , dengan sangat berat hati gue  resign dari pekerjaan gue sebagai Teller Bakti di Bank BCA. Selama kurang lebih satu tahun gue kerja di dunia perbankan yang bener-bener 180 derajat berbeda sama basic gue sebenarnya yang merupakan lulusan kesehatan. Bergabung bersama sekitar 24 orang di KCP Mangga Besar Raya , honestly gue menemukan sekali kenyamanan bekerja, kesenangan batin, kebahagiaan yang sampai sekarang masih membekas kenangan kebersamaan bersama keluarga kedua itu. Awalnya gue iseng daftar BCA karena beberapa alasan di pekerjaan sebelumnya dimana gue gak bisa menemukan kenyamanan dan kebahagiaan kerja, ditambah niat hati hanya ingin jadikan BCA sebagai pengalaman dan batu loncatan untuk gue balik lagi ke Basic gue sebagai Ahli Gizi pelayan masyarakat, tapi BCA bikin gue nyaman, bener-bener manjain gue ibaratnya sampe gue susah buat berpaling sampai sekarang (meski udah resign sekalipun). 

Gue memutuskan untuk resign dari BCA sekitar 3 minggu sebelum akhir bulan januari. Selama minggu-minggu itu gue sungguh dihadapkan dengan pilihan berat. Dimana awal januari lalu, gue dikabari orangtua via whatsapp bahwa ada tawaran kerja di kampung buat jadi Ahli Gizi di Puskesmas, kerjaan yang sesuai profesi gue sebenarnya. Saat gue terima kabar itu, gue cuma bisa baca doang tanpa langsung bales message, karena gue bener-bener gatau harus balas apa. Dibilang dapet rejeki durian runtuh (Emang Iya kayaknya) tapi gue jujur gak pengen balik kampung saat itu juga, karena gue sembari kerja di BCA gue juga lagi usaha banget buat comeback lagi sebagai Nutritionist dimanapun itu, mau di Puskesmas/Rumah Sakit/Perusahaan asalkan di Jakarta pikir gue saat itu. Kenapa gue gak mau balik kampung ? semua orang juga tau lah kampung itu bagaimana, lapangan kerja sedikit, gaji apalagi berpengaruh, lalu apa yang menjadi kebiasaan hobby kita di ibukota bakalan sulit tersalurkan di kampung. Saat itu cuma kecemasan yang gue pikirkan saat gue harus balik ke kampung. Secara gue udah 6 tahun rantau, 3 tahun kuliah di Semarang , dan hampir 3 tahun kerja di Jakarta, rasanya gue belum siap kembali ke kampung. 

Oke balik lagi ke BCA, setelah gue pikir-pikir tawaran kerja tadi, gue merasa gue ga siap balik dan gue bilang ke ortu kalau gue ga bisa terima itu, tentunya dengan alasan yang gue siapkan saat itu, dari mulai gue belum punya banyak tabungan lah, gue udah masuk kontrak tahun kedua di BCA lah, dan alasan-alasan lainnya yang gue pikirkan matang-matang. Beberapa menit kemudian gue kirim pesan itu ke nyokap gue, gue berusaha sebisa mungkin yakinin nyokap akan kondisi anaknya saat itu yang belum siap untuk mudik. Nyokap bales saat itu, terjadilah perbincangan antara gue dan nyokap yang panjang tentang plus minus nya nasib gue di BCA maupun di Kerjaan Gizi puskesmas. Gue saat itu ya tetep bersukukuh bahwa gue gamau balik, akhirnya nyokap gue terima keputusan gue dan langsung memohon maaf kepada orang yang memberikan tawaran kerja ke ortu gue, gue langsung lega saat itu. 

Beberapa hari kemudian, nyokap gue berusaha lagi buat gue pindah kerja dan balik ke kampung. Beliau ya sama tetep memberikan pandangan-pandangan ke gue, tapi jujur gue itu berat buat menerima kerjaan itu. Gue masih gamau balik rumah, gue pengen berkarir di Jakarta. Tapi entah gua bego atau apa, sabtu sore gue bener-bener kaya kehilangan arah, seusai gua lari sore di stadion deket kostan, tetiba gue langsung dapet ilham dan kepikiran buat pindah kerja, gue bener-bener buntu pikiran sore itu, sampe gue berani telfon langsung ke orang yang nawarin lewat mamah gue. Gue memberanikan diri mengiyakan tawaran kerja itu, entah hal goblok atau emang hal baik yang gue lakukan itu. Sampai pada akhirnya di senin besoknya gue berani mengajukan resign ke atasan gue, berat banget jujur ngomong resign saat itu, karena hati gue bener-bener menolak untuk ini. 

Tiga minggu waktu sisa yang gue punya buat ngabdi di BCA, berkutat dengan uang, cek, giro, slip, dan segala macamnya. Tiga minggu yang sangat berat buat gue lalui. Tiga minggu yang sangat akan membuat gue kangen dengan semua orang baik didalamnya. Tiga minggu yang buat gue sedih sepanjang sore pulang kerja. Tiga minggu pun usai, dan tiba dimana hari terakhir gue kerja. Sudah menjadi tradisi setiap karyawan yang selesai masa kerja/resign kaya gue, kantor ngadain acara perpisahan di sore hari seusai tutup teller. Ga kuat kalau gua cerita panjang, pokoknya sore itu hari terakhir gua disana, gua bener-bener gak bisa nahan air mata saat gue menyampaikan kata-kata perpisahan ke keluarga KCP Mabas Raya. Terlebih ada momen gue nangis di pelukan kabag gue (Bu Aqe), gue ga bisa nyembunyiin rasa sedih gue berpisah sama mereka, apalagi ya sama Bu Aqe Kabag Teller yang uda gue anggep Orangtua sendiri meski gue suka banyak salah, suka keliru dan suka usil. 
Banyak banget kesan-pesan yang mereka sampaikan ke gue salam gue kerja disana. Pesan kesan yang gak akan gue lupain dan tetep gue ingat di memori otak. 

Jadi itu cerita gue sih, sekilas tapi gue cuma pengen berbagi apa yang gue rasain 6 bulan belakangan pasca gue resign, rasanya jiwa gue itu masih disana, susah banget buat gue move on dari KCP, dengan segala macam bentuk segala macam watak karakter orang di dalamnya, gue sayang sama mereka. Kerjaan yang bener-bener gue berjuang sendiri dari daftar sampai tes yang begitu dimudahkan sama Allah SWT, bersyukur banget gue pernah bergabung menjadi bagian dari PT.Bank Central Asia. Terimakasih semuanya...

BU TINA - KA.KCP MABES RAYA
Baru kenal 4 bulan sama beliau, tapi beliau bener-bener care sama anak-anak di kantor. 
MAK NING - Mak Jambrong.
Pokoknya emak gue satu ini heboh banget dah, kalu kerja mesti sesuai SOP. Betawi Banget ya MAK ... :)

Teller - DAVI - Bakti yang 2 bulan lagi lulus after gua resign, punya prinsip yang kuat, jiwa bisnis yang hebat.
 SARI - Ibu hamil yang jadi mentor gue pas gue masuk, kalo kerja rajin banget, ga kenal istirahat, karna maunya akhir mulu. istirahatnya :)
BU AQE - Kabag gue, awalnya bener-bener kaya galak, ga suka sm gue karna gue suka Reversal dan salah mulu, tapi dibalik itu, dia baik banget kok, suka banget dah kalau usilin beliau, kalau udah kerja serius banget sampe sering closing AIA KKB KSM. Mantul Kabag KU.
KO YADI - Pahmud baru punya anak lagi, jiwa bisnis nya juga perlu dicontoh, apalagi bisnis online di Tokopedia, hahahah
CSO - VIRIDA - Bocil bakti termuda, tapi pinter banget kalau closing AIA, kerja juga rajin, pantang capek karna kerja sambil kuliah.
BU LUCIA - Mom satu ini orangnya teliti, kalau makan dijaga bener-bener, punya bisnis kambing di Bogor, sama bisnis Minuman kopi. Baek juga pernah minjemin gue duit buat bayar selisih, hahaha, kalu minta super gak pelit, tapi kudu nunggu
 THERE - Bakti Kaya, iyalah dia mah hedon. tapi gak hedon hambur-hambur duit. Anak cantik pokoknya yang jadi idaman beberapa nasabah di kantor, punya keinginan diet yang tinggi dengan mencoba berbagai olahraga like muaythai , yoga, sampe gym. 
BO - BU MIMIK - udah ky ibu peri nya Mabes Raya, baik nya ga ketulungan, kalau liat beliau kaya liat nenek sendiri, di masa pensiunnya, beliau masih kuat bolak-balik bogor-jakarta. Sehat ya bu
 TANTE PAULA - sering banget keliru sm beliau, wkwk kadang gue suka jadi sasaran salah juga, tp gue jg suka salah ke beliau, tapi baik banget orangnya, punya hati yang lembut, kalau kerja dateng paling pagi udah duduk d kursi depan tv kantor. minta tuntunan diet ke gue tapi smp skrg ga gue kasih. hahaha
BU FITRI - Pemegang Kasanah yang bener-bener suka bikin deg-degan kalau selisih, kalau udah tuker uang kadang suka takut gua, hahaha , awal-awal suka dimarahin gue karan blm tau sistem kerja , tpi abis itu ya gue udh paham. 
DKK - PAK Supir ( Lupa nama) / LUKMAN SC / Lupa Maaf / GW / ADAM / PAK AS ( kalau ini semuanya pokoknya baik dah, meski ada yang julit tapi ya gapapa namanya manusia)

Adalagi ZIANA ( cetak buku) dia anaknya polos, tapi suka bete-an mood"an. SUka banget sm KPOP , kalau udh ngomongin kpop nyambung abis sama dia.
Ka'VISTA (AIA) wkkwkw gue jrang banget Referal dan Closingan bahkan gapernah bantu buat itu ke dia, maaf ya. Udah usaha tapi tak berbuah hasil.


SEKIAN
TERIMAKASIH



Popular posts from this blog

Pengalaman Tes Bank Artha Graha

Assalamualaikum... Wah udah lama gak ngetik cerita di laman kesayangan. Disini gue mau cerita beberapa minggu lalu ikut tes di Bank Artha Graha cabang Matraman. Gue emang lagi cari-cari kerja buat persiapan resign dari rumah sakit akhir-akhir ini, dan gue cuma bisa lamar-lamar kerja via online kirim email atau apply di jobstreet atau sejenisnya. Kebetulan gue siang itu lagi udah kelar kerjaan tuh, alhasil gue searching lowongan di jobstreet dan job yang gue cari adalah frontliner/teller dan customer service di Bank. Pas banget dong di beberapa bank swasta yang gue cari ada posisi-posisi yang gue mau, gue apply tuh via jobstreet CUSTOMER SERVICE (CS) PT.Bank Artha Graha International, Tbk dan ada beberap bank lainnya yang gue apply.  Jujur, gue sih sebenernya harap-harap cemas dengan lamaran itu, karena secara basic gue anak kesehatan dan kejomplang banget daftar di perbankan. Tapi gue PD aja sih daftar karena banyak kok jaman sekarang yang otaknya pada kebalik (somplak kali a

Tes Magang Bakti BCA ( Perjanjian Kerja)

Siang semua, kali ini gue bakalan ceritain kelanjutan tes kerja gue di BCA  So setelah gue Medical Check UP tanggal 5 Desember lalu, gue butuh waktu satu minggu buat nunggu hasil dan informasi kelulusan tes MCU nya. Kebetulan gue MCU cuma bertiga dari 10 orang yang lolos di batch gue, 7 temen gue lainnya MCU di tanggal yang berbeda kare harus ngurus kelengkapan berkas dulu. Meskipun beda jadwal MCU, kita tetep keep contact via gorup Whatsapp buat saling kasih tau kabar kalau ada telfon dari pihak HRD BCA. Tanggal 12 Desember sore hari pas gue udah mau pulang kerja, temen di group ada yang udah dapet info kelulusan MCU, akhirnya gue langsung standby dong di depan HP dan menunda kepulangan gue sampe akhirnya gue dapet telfon juga dari HRD yang kasih info kelulusan gue, gue jujur sumpah seneng banget. Gue dikasih jadwal untuk perjanjian kerja/kontrak tanggal 21 Desember minggu depannya otomatis gue langsung bersedia dong dengan lantang gue jawab SIAP ! . Sebelum pak dicky (HRD) bacai